trade

Serunya Hidup di Era Digital, Mari Manfaatkan Teknologi Dalam Berbisnis


Keseruan hidup diera digital ini memang tidak bisa dipungkiri. Sebagai generasi milenial tentunya harus peka terhadap perkembangan teknologi disekitar dan harus mengikuti perkembangan tersebut. Karena di jaman seperti saat ini terdapat berbagai macam teknologi digital yang telah mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat.

Tentunya Anda juga harus menguasai keahlian tertentu agar bisa mengikuti era digital ini dengan tenang. Mengapa demikian? Ya, karena pesatnya perkembangan teknologi tentunya kita harus siap untuk melakukan sebuah perubahan atau upgrade skill agar bisa mengikutinya. Apa saja keahlian yang harus Anda miliki di Era digital ini? Berikut 2 keahlian yang harus Anda kuasai di Era digital Ini!

Miliki Bakat dan Kuasai Teknologi Digital, Edukasi dan juga Bisnis

Disini Anda dituntut untuk tetap memiliki bakat bisnis dan berani mengambil peluang berbagai bisnis sekecil apapun itu. Karena sekecil apapun peluangnya, Anda narus bisa mengikuti bisnis dan terus berkembang. Pada saat ini banyak peluang yang terbuka untuk melakukan bisnis melalui dunia maya, tinggal Anda harus pandai untuk memutuskan bisnis mana yang akan ditekuni.
 Menguasai Soft Skill

Untuk meraih kesuksesan tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi semua itu butuh yang namanya pedoman atau skill yang mendasar. Dengan adanya skill dasar tersebut Anda tidak akan kesusahan saat melakukan pengembangan atau upgrading skill.

Jika disimpulkan maka bisnis di Era digital yang paling potensial adalah penjualan barang atau jasa melalui media online ataupun inovasi bisnis baru seperti start up. Mengapa berjualan secara online menjadi salah satu bisnis yang bagus di Era digital ini? Ya, hal itu disebabkan karena adanya pola dari belanja masyarakat di Indonesia yang pada saat ini sudah berubah drastis berkat perkembanagan gadget dan kecanggihan teknologi di Era digital ini.

Untuk bisa menggeluti bisnis ini pastinya tidak mudah karena banyaknya saingan atau kompetitor. Diperlukan kemampuan dasar dalam berbisnis yang dimana nanti akan menghasilkan trik agar mampu bersaing dengan kompetitor. Selain itu Anda juga harus bisa menentukan produk atau jasa apapun yang sedang banyak dicari oleh masyarakat, karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis ke depannya.

Setelah panjang lebar membahas tentang serunya berbisnis di Era digital, pastinya bagi anda yang masih pemula, ada rasa kebingungan untuk memanfaatkan teknologi dalam berbisnis. Baiklah, disini saya akan mulai membahas tentang bagaimana langkah awal untuk memulai bisnis sukses di era digital ini.

Panduan Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online Terbaik

Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat saat ini. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media online, khususnya melalui jejaring sosial. Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang publik, yang mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.

· Gunakan Media Sosial dengan Hati-Hati

Mengapa media sosial begitu penting untuk keberlangsungan bisnis online terbaik Anda?

Jawabannya sangat sederhana. Media sosial adalah platform sempurna yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan customer yang sudah Anda dan customer potensial lainnya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Akan tetapi, jika Anda menggunakan media sosial untuk membantu strategi pemasaran, maka Anda perlu berhati-hati. Oleh sebab itu, poin-poin yang telah saya rangkum berikut harus Anda perhatikan terlebih dahulu:

· Menjawab semua pertanyaan dari semua calon customer potensial Anda

· Bersiaplah untuk meminta maaf apabila terdapat customer yang mengalami masalah di situs website Anda

· Jika terdapat customer atau calon customer mengeluh, maka jangan pernah segan untuk minta maaf. Pecahkan masalah dan dapatkan kembali kepercayaan customer anda.

Jangan pernah mengabaikan poin-poin di atas. Jika sekali saja Anda mengabaikan dan tidak menanggapi calon customer di media sosial, maka hal tersebut akan menjadi citra yang buruk untuk bisnis online Anda.

Manfaat Media Sosial Sebagai Alat Bisnis Online Terbaik Anda 

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, sangat banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah berbagai keuntungannya bagi bisnis online terbaik Anda:

· Perluas Jaringan

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut sangat memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk Anda yang tentunya tidak bisa terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan memanfaatkan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

· Meningkatkan Visibilitas

Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkan customer mengetahui dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Terlebih, apabila Anda telah memiliki banyak followers dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran dan pelayanan terbaik untuk meraih hati customer.

· Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Dengan menggunakan media sosial, hal tersebut merupakan langkah terbaik bagi pemasaran Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan konten online dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda.

· Menjaga Hubungan Baik dengan Menerima Kritik dan Saran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwasanya media sosial akan menciptakan ruang publik baru. Itu artinya, Anda harus menyiapkan diri untuk menerima saran ataupun kritikan dari customer melalui kolom komentar. Jika ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda wajib berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer tersebut. Ataupun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi terbaik terhadap masalah yang muncul.

Panduan untuk Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran

Sebelum Anda memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda ketahui adalah, apa tujuan bisnis Anda? Apakah target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran melalui media sosial? Siapakah target market Anda, lalu bagaimana mereka menggunakan media sosial? Lalu apa pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda melalui media sosial. Pada intinya, strategi pemasaran melalui sosial media adalah untuk mengembangkan tujuan Anda. Misalnya seperti:

· Mendapatkan traffic ke situs website Anda

· Konversi

· Kesadaran akan sebuah merek

· Menciptakan identitas merek

· Komunikasi dan interaksi dengan calon customer

Untuk mendapatkan domain dan hosting terbaik untuk website Anda, saya amat menyarakan domainesia.com sebagai penyedia domain dan hosting  terpercaya di Indonesia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Hidup di Era Digital, Mari Manfaatkan Teknologi Dalam Berbisnis"

Post a Comment